Mari Menjelajahi Wisata Bandung

Bandung merupakan ibukota Jawa Barat. Memiliki luas 167,6 km persegi, Bandung termasuk kota padat dengan penduduk 2.575.478 jiwa.

Bandung termasuk kota romantis. Bahkan, di masa pendudukan Belanda, Bandung disebut Parijs van Java. Selain itu, Bandung juga terkenal dengan sebutan Kota Kembang.

Kota ini kini terkenal karena industri fashion, pendidikan, dan juga menjadi tempat tujuan wisata orang Jakarta di setiap akhir pekan.

Cuaca
Meski memiliki musim yang sama dengan kota lain, penghujan pada bulan September sampai Maret dan kemudian disusul musim kemarau, Bandung dikenal kota yang sejuk.

Suhu
Rata-rata suhu di Bandung lebih dingin daripada kota-kota besar di Indonesia lainnya, mencapai 26-27 derajat Celcius.

Jarak dari Ibukota Jakarta: 122 km
Waktu tempuh pesawat: 20 menit
Waktu tempuh dengan kereta: 3 jam
Waktu tempuh dengan bus: 3 jam
Harga tiket pesawat: Rata-rata Rp 500 ribu
Harga tiket KA Eksekutif Jakarta-Bandung: Rp 95.000 – 110.000

Bandara: Husein Sastranegara

Transportasi

  • Taksi merupakan transportasi paling mudah dari Bandara Husein Sastranegara, selain ada angkot di luar kompleks bandara.

Transportasi dalam kota

  • Taksi di Bandung sering menolak memakai argometer, sehingga kamu harus pintar-pintar menawar dan mengetahui dulu jarak tujuan lewat google.
  • Angkot merupakan alat transportasi paling populer di Bandung dan menjangkau semua tempat. Tarifnya antara Rp 2000 sampai Rp 5000.
    Ojek online juga sudah ada di Bandung. Bahkan mereka juga bisa mengantar pesanan makanan (Go-food)

Destinasi Menarik di Bandung

  1. Gedung Sate

Ini adalah salah satu ikon di Bandung. Kenapa disebut Gedung Sate karena ada ornamen 6 tusuk sate di atas menara sentralnya. Banyak yang belum apa makna 6 tusuk sate ini? Ini melambangkan 6 juta Gulden yang dihabiskan untuk membangun “gedung putihnya” Jawa Barat ini.

  1. Dago

Inilah pusatnya kota Bandung. Tempat ini bukan hanya kaya dengan wisata kuliner, tapi juga wisata belanja khususnya fashion. Dago bahkan bisa menjadi barometer perkembangan tren fashion, khususnya di kalangan anak muda.

  1. Factory Outlet Jl Riau

Selain di Dago, FO juga banyak bertebaran di Jl Riau. Jadi jangan sampai memasukkan list distinasi jika kamu ke Bandung.

  1. Ciampelas

Pilihan lain jika ingin belanja pakaian adalah ke Jalan Ciampelas. Desain toko di jalan ini unik-unik. Dulu tempat ini menjadi pusat penjualan jean’s. Sekarang tempat ini juga ada mall namnya Ciampelas Walk atau yang sering disingkat Ciwalk.

  1. The Valley

Bila kamu ke Bandung dengan pasangan, wajib mampir di di tempat ini. Inilah tempat makan dan wisata adventure park yang terkenal romantis.

  1. Pasar Apung

Tak perlu ke Bangkok bila hanya ingin melihat pasar apung. Di Lembang Bandung kini sudah ada floating market. Pasar Apung Lembang mengusung tema pasar tradisional seperti layaknya apsar apung di Bangkok atau Kalimantan. Hawa yang sejuk pasti akan membuat kamu betah di lokasi ini.

  1. Kawah Putih Ciwidey
    Lokasi ini jaraknya sekitar 50 km dari Bandung. Jalannya menanjak dan berliku-liku. Namun perjuangan kamu akan terobati dengan pemandangan yang begitu indah. Tak heran lokasi ini kerap menjadi tempat pengambilan gambar. Eh.. kamu juga bisa foto prewed di sini lo.
  2. Ciater

Inilah tempat pemandian air panas di kawasan Bandung. Lokasi yang sejuk dan dikelilingi kebun teh membuat destinasi wisata ini banyak menjadi pilihan ketika berkunjung ke Bandung.

  1. Tangkuban Perahu

Bila ke Bandung ingin menikmati wisata alam, Gunung Tangkuban Perahu bisa jadi pilihan. Tapi siapkan dulu baju hangat karena di tempat ini suhu siang hari bisa mencapai 17 derajat Celcius sementara di malam hari 2 derajat Celcius.

  1. Situ Patengang

Selain Kawah Putih, kamu juga bisa ke Situ Patengan. Ini adalah danau dengan pemandangan yang eksotik karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *