Mencegah Jet Lag? Ini yang Bisa Dilakukan!

Mencegah Jet Lag
Mencegah Jet Lag

Kalau bepergian jauh dengan pesawat terbang menuju negara-negara dengan perbedaan waktu yang ekstrim dengan negara asal, tidak heran kalau kita akan mengalami jet lag. Jet lag merupakan respon tubuh kita terhadap perbedaan waktu tersebut. Terus, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah jet lag tersebut berefek makin negatif buat kita?

Bagaimana jet lag ini terjadi? Kalau berangkat ke Inggris dari Jakarta pukul 00.55 WIB, kita akan tiba di Inggris sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Malahan, Anda sudah melakukan perjalanan lebih dari 10 jam. Jika menurut jam biologis ketika di Jakarta, Anda seharusnya sudah makan siang. Namun, disitu waktu masih pagi. Nah, hal-hal itulah yang membuat Anda dapat mengalami jet lag.

Apa ciri-ciri kita mengalami jet lag? Tandanya bisa berupa rasa lelah berlebihan, pusing, dan gelisah. Tidak jarang, kita bisa mengalami diare, sembelit, sampai sulit tidur.

Tapi tidak usah cemas. Jet lag sebenarnya bisa dihindari. Berikut ini adaah tips yang bisa kita lakukan.

Pastikan Istirahat Cukup Sebelum Terbang
Sebelum terbang, pastikan istirahat yang cukup. Jika memungkinkan, dua atau satu hari sebelum keberangkatan tidak usah melakukan pekerjaan yang menguras energi. Lebih baik rileks sambil memastikan semua yang diperlukan untuk berangkat sudah siap.

Jangan Cepat Tidur di Tempat Tujuan
Jika sudah sampai di tempat tujuan, hindari untuk langsung tidur. Sebaiknya luangkan waktu hingga menjelang sore hari. Setelah itu, baru kita bisa beristirahat. Tujuannya, tubuh kita cepat menyesuaikan diri dengan jam biologis di tempat tujuan. Lebih oke lagi, kalau kita bisa jalan-jalan di bawah matahari. Soalnya, kalau jet lag sampai kita alami, efeknya bisa-bisa bakal lebih menyiksa.

Jangan Lakukan Ini Selama Penerbangan
Minum alkohol, minum kopi terlalu banyak, dan terjaga selama perjalanan. Alkohol dapat meningkatkan rasa lelah dan dehidrasi. Sedangkan, kopi membuat kita lebih banyak terjaga ketimbang tidur. Minum air putih lebih baik. Mintalah air putih kepada flight attendant untuk kebutuhan tersebut.

Lakukanlah Exercise Ringan
Disarankan, lakukan streching ringan sesekali dalam perjalanan. Kita bisa melakukannya dengan cara jalan-jalan di dalam kabin pesawat. Ini sangat disarankan agar sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik. Lakukan ini terutama sebelum kita tidur.

Jangan Coba-coba Menggunakan Obat Tidur
Hindari obat tidur agar kita bisa terlelap di dalam pesawat. Mengkonsumi obat-obatan ini tidak akan menghindarkan kita dari jet lag. Sebaliknya, kita bakal merasa pusing dan mata terasa mengantuk. Mengkonsumsi teh herbal lebih baik untuk membuat kita lebih rileks dan bisa tertidur. Jika harus mengkonsumsi obat tidur, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter.

Sesuaikan Mind Set Kita dengan Waktu Setempat
Cara termudah mencegah jet lag adalah menyesuaikan jam kita dengan waktu setempat. Ini akan membantu kita menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar. Untuk mempercepat penyesuaian tersebut, triknya bisa dilakukan dengan menapakkan telapak kaki kita, tanpa alas tentunya, ke atas rumput ataupun tanah begitu sampai di kota tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *